Tips Merencanakan Pernikahan di Musim Hujan

Merencanakan pernikahan di musim hujan membutuhkan persiapan yang ekstra agar acara tetap berjalan lancar dan terhindar dari gangguan cuaca. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda merencanakan pernikahan di musim hujan:

1. Pilih Tempat Indoor

Pertimbangkan untuk menggelar pernikahan di tempat indoor seperti gedung pernikahan, hotel, atau restoran. Tempat indoor akan memberikan perlindungan dari hujan dan memastikan kenyamanan bagi para tamu.

2. Siapkan Alternatif untuk Pernikahan Outdoor

Jika Anda tetap ingin mengadakan pernikahan di luar ruangan, pastikan Anda memiliki rencana B sebagai alternatif. Siapkan tenda atau gazebo yang dapat melindungi tamu dari hujan. Anda juga dapat menyediakan payung untuk tamu jika hujan turun tiba-tiba.

3. Informasikan kepada Tamu

Sampaikan informasi tentang pernikahan di musim hujan kepada tamu undangan melalui undangan atau melalui media sosial. Beritahu mereka untuk membawa payung atau mantel hujan jika diperlukan.

Dan jika anda membutuhkan jasa undangan pernikahan maka anda dapat menggunakan jasa pembuatan undangan digital web pernikahan online dari layanan jasa undangan digital. Karena dengan menggunakan jasa web undangan pernikahan online maka anda dapat membuat undangan pernikahan digital website dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga anda bisa memperolah diskon harga undangan digital untuk pembuatan undangan pernikahan digital. Buat undangan web pernikahan online anda dengan menggunakan jasa undangan digital website pernikahan online.

4. Pilih Waktu yang Tepat

Pilih waktu yang tepat di musim hujan. Jika memungkinkan, hindari bulan dengan curah hujan yang tinggi. Pertimbangkan juga waktu acara pernikahan, seperti menghindari jam-jam di mana hujan biasanya lebih sering terjadi.

5. Pilih Gaun yang Tepat

Pilih gaun pengantin yang sesuai dengan kondisi cuaca. Jika Anda merencanakan pernikahan di musim hujan, pilih bahan gaun yang tahan air atau pilih model gaun yang dapat dengan mudah dikombinasikan dengan atasan atau jas hujan.

6. Tambahkan Sentuhan Hangat

Tambahkan elemen-elemen yang menciptakan suasana hangat di dalam ruangan. Gunakan pencahayaan yang hangat, tambahkan hiasan seperti lilin atau lampu gantung, atau sediakan selimut atau kipas angin untuk memberikan kenyamanan bagi tamu.

7. Pertimbangkan Transportasi Tamu

Jika pernikahan Anda diadakan di lokasi yang sulit dijangkau pada musim hujan, pertimbangkan untuk menyediakan transportasi tamu. Jika memungkinkan, sediakan shuttle bus atau kendaraan lainnya untuk mengangkut tamu dari titik kumpul ke tempat acara.

8. Koordinasi dengan Vendor

Pastikan Anda berkomunikasi dengan vendor Anda, termasuk katering, fotografer, dan penghibur, tentang rencana cuaca cadangan. Pastikan mereka siap menghadapi situasi cuaca yang mungkin berubah-ubah. Silahkan baca juga ide pernikahan dengan tema budaya Indonesia.

9. Fotografi dalam Ruangan

Jika rencana awal adalah mengambil foto di luar ruangan, pertimbangkan untuk memiliki rencana B untuk mengambil foto di dalam ruangan. Pilih lokasi indoor yang menawarkan latar belakang menarik dan pencahayaan yang baik untuk mengabadikan momen spesial Anda.

10. Pertimbangkan Sistem Drainase

Pastikan lokasi pernikahan memiliki sistem drainase yang baik untuk menghindari genangan air atau banjir saat hujan deras. Jika perlu, konsultasikan dengan pihak venue atau penyedia layanan terkait tindakan yang dapat diambil untuk mengatasi masalah drainase.

11. Pilih Makanan yang Cocok untuk Musim Hujan

Sesuaikan menu makanan dengan cuaca musim hujan. Pilih hidangan yang hangat dan menghangatkan, seperti sup, hidangan panggang, atau hidangan berkuah. Sediakan juga minuman hangat seperti teh, kopi, atau cokelat panas sebagai pilihan minuman.

12. Rencanakan Hiburan Indoor

Jika Anda memiliki rencana untuk menyajikan hiburan, pastikan hiburan tersebut dapat dilakukan di dalam ruangan. Pertimbangkan pilihan seperti band, DJ, atau penampilan seni yang dapat memberikan hiburan dalam lingkungan indoor yang nyaman.

13. Sediakan Area Pengeringan

Siapkan area khusus di venue pernikahan Anda yang menyediakan handuk kering, pengering rambut, dan peralatan lainnya untuk tamu yang basah kuyup karena hujan. Hal ini akan memastikan kenyamanan tamu dan membuat mereka merasa dihargai.

14. Gunakan Dekorasi yang Tahan Air

Pilih dekorasi yang tahan air dan mudah dijaga di kondisi hujan. Gunakan bunga palsu atau hiasan dekoratif lainnya yang tahan terhadap air. Hindari penggunaan bahan-bahan yang rentan terhadap kelembaban, seperti kertas atau kain yang mudah rusak karena kelembaban.

15. Tetapkan Jadwal Pemutaran Musik

Jika Anda memiliki rencana untuk memutar musik di acara pernikahan, pastikan Anda memiliki jadwal pemutaran yang teratur. Pastikan musik dimainkan dengan volume yang sesuai dan tidak mengganggu percakapan tamu, terutama jika pernikahan Anda diadakan di dalam ruangan yang kecil.

16. Pertimbangkan Asuransi Pernikahan

Menjelang pernikahan di musim hujan, pertimbangkan untuk mengambil asuransi pernikahan. Asuransi ini akan memberikan perlindungan finansial dalam hal ada perubahan atau pembatalan acara akibat cuaca buruk.

Dengan persiapan yang matang dan rencana yang tepat, pernikahan di musim hujan dapat tetap menjadi momen yang indah dan berkesan. Jangan lupa untuk tetap fleksibel dan menjaga semangat yang positif. Ingatlah bahwa yang terpenting adalah cinta dan kesatuan Anda bersama pasangan, dan cuaca tidak akan menghalangi kebahagiaan Anda pada hari istimewa tersebut.

error: Content is protected !!